Search

Pertemuan the 6th Round of the ASEAN-China FTA 3.0 Upgrade Negotiations and Related Meetings

  Dengarkan Berita Ini


ACFTA 3.0, 26/04/2024 – Rangkaian Pertemuan the 6th Round of ASEAN - China Free Trade Area (ACFTA) 3.0 Upgrade Negotiations telah selesai. Pada tanggal 24 April 2024, H.E Low Yeng Lin, Menteri Negara, Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura resmi membuka lanjutan perundingan ASEAN-China FTA 3.0. Delegasi dari 10 negara ASEAN dan RRT memulai Putaran ke-6 Perundingan ACFTA 3.0 lewat pertemuan Kelompok Kerja sejak 22 April 2024. Singapura dan Sekretariat ASEAN di Jakarta menjadi lokasi pelaksanaan putaran perundingan kali ini.

Setelah persiapan 1,5 bulan, delegasi Indonesia dari berbagai instansi Pemerintah hadir dipimpin Ibu Dina Kurniasari, Direktur Perundingan ASEAN, Kemendag, dan siap memperjuangkan kepentingan Indonesia. Sebanyak 8 kelompok kerja berlangsung secara paralel. Hasil Kelompok Kerja telah disampaikan kepada Komite Bersama, untuk dilaporkan kepada Para Menteri Ekonomi ASEAN dan RRT.

Semoga hasil ACFTA 3.0 nantinya dimanfaatkan secara nyata. ACFTA 3.0 juga diharapkan memperkuat langkah bersama menuju pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan bagi masyarakat serta pelaku usaha Indonesia.

Kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang sudah mendukung menuju Putaran Perundingan ke-6 ACFTA 3.0.