Search

Pertemuan ke-4 TNC Indonesia-Bangladesh Preferential Trade Agreement (IB-PTA)

  Dengarkan Berita Ini


Pertemuan ke-4 Trade Negotiating Committee (TNC) Indonesia-Bangladesh Preferential Trade Agreement (IB-PTA) telah dilaksanakan pada 16–19 Maret 2023 di Bandung, Indonesia. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Direktur Perundingan Bilateral Kementerian Perdagangan, Johni Martha, sedangkan Delegasi Bangladesh dipimpin oleh Head of Foreign Trade Agreement (FTA) Wing Ministry of Commerce of Bangladesh, Noor Md. Mahbubul Haq. Perundingan ini turut dihadiri oleh Duta Besar RI Dhaka, Heru Hartanto Subolo, beserta Delegasi RI yang terdiri dari perwakilan kementerian/lembaga terkait.

Agenda utama Pertemuan ke-4 TNC IB-PTA yaitu pembahasan akses pasar serta finalisasi draf teks perjanjian dan Operational Certification Procedure (OCP). Indonesia dan Bangladesh berhasil menyepakati hampir seluruh teks perjanjian IB-PTA serta menyepakati penyesuaian rencana kerja (work plan) perundingan IB-PTA.

Delegasi kedua negara akan kembali bertemu pada Juli 2023 untuk memfinalisasi akses pasar dan teks perjanjian. Indonesia dan Bangladesh menargetkan penandatanganan IB-PTA dapat dilakukan pada akhir Agustus atau awal September 2023.