ASEAN - Kemitraan Kanada

30 May 2018
Canada merupakan salah satu negara mitra strategis ASEAN. Kerjasama ASEAN dengan Canada telah terjalin sejak tahun 1977. Kerjasama yang dilakukan oleh ASEAN dengan Canada mencakup kerjasama di bidang politik-keamanan, ekonomi, sosial budaya dan kerjasama pembangunan/pengembangan. Pada kerjasama ekonomi, ASEAN dan Canada telah mengadopsi the Joint Declaration between ASEAN and Canada on Trade and Investment (ASEAN-Canada JDTI) yang bertujuan untuk meningkatkan nilai perdagangan dan investasi antara ASEAN dan Canada. Implementasi dari ASEAN-Canada JDTI melalui Rencana Aksi 2016-2020 yang telah diadopsi oleh kedua Pihak dengan mengidentifikasi area kerjasama ekonomi dalam mencapai tujuan utama melipatgandakan nilai perdagangan dan investasi ASEAN dan Canada pada tahun 2020.

ASEAN dan Canada juga tengah membahas kemungkinan perwujudan ASEAN-Canada FTA yang diyakini akan semakin meningkatkan pertumbuhan ekonomi kedua belah pihak. Dalam hal ini, ASEAN dan Canada tengah melakukan Joint Feasibility Study untuk melihat cost dan benefit perwujudan ASEAN-Canada FTA.

ASEAN dan Canada juga memiliki program ASEAN-Canada Trade Policy Dialogue yang dilakukan setahun sekali dengan tujuan untuk berbagi informasi dan pengalaman kedua pihak dalam rangka meningkatkan nilai perdagangan dan investasi.

Dalam meningkatkan hubungan ekonomi dan Investasi ASEAN-Canada, komunikasi/audiensi antara pemerintah dan dunia usaha juga secara rutin dilaksanakan. Untuk menampung aspirasi dari kalangan pelaku usaha di ASEAN dan Canada, ASEAN membentuk ASEAN Business Advidsory Council (ASEAN-BAC) sementara Canada membentuk Canada-ASEAN Business Council (CABC). Dialog yang dilakukan antara pemerintah dengan pelaku usaha ASEAN dan Canada bertujuan untuk mendengarkan aspirasi dari pelaku usaha di ASEAN dan Canada sehingga kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah dapat mengakomodir kepentingan dari kalangan dunia usaha dengan tetap memprioritaskan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dari kedua Pihak.