ASEAN - Kemitraan Amerika Serikat

16 May 2018
Kerja sama kemitraan ASEAN-Amerika Serikat (AS) secara formal dimulai pada tahun 1977. Kerjasama dengan Amerika Serikat dilakukan pada bidang politik-kemanan, ekonomi, sosial-budaya, dan pembangunan/pengembangan.

Kerangka kemitraan ASEAN-AS memiliki 21 bidang prioritas untuk mendukung pembentukan Komunitas ASEAN dengan ketiga pilarnya yakni: 1) Transnational Crime, including Counter Terrorism, 2) Good Governance, the Rule of Law and Judiciary Systems, and Human Rights Promotion, 3) Other Political and Security Cooperation, 4) Trade and Investment, 5) Finance Cooperation, 6) Intellectual Property Rights, 7) Small and Medium Enterprises, 8) Information Communication Technology, 9) Transport, 10) Energy Security and Clean Energy, 11) Science and Technology, 12) Disaster Management, 13) Public Health, 14) Environment, Biodiversity and Climate Change, 15) Food Security, 16) Education and Human Resources, 17) Culture and People-to-People Exchange, 18) Social Justice and Rights, 19) Social Welfare and Family Development, 20) Partnership for Development dan 21) Cross Sectoral Cooperation.

Di bidang ekonomi dan perdagangan, ASEAN dan Amerika Serikat telah menyepakati ASEAN-US Trade and Investment Framework Agreement (TIFA) pada tahun 2006 yang menjadi dasar bagi ASEAN dan AS dalam memperkuat kerjasama ekonomi kedua Pihak. Selanjutnya pada tahun 2012, ASEAN dan AS meluncurkan the ASEAN-US Expanded Economic Engagement Initiative (E3) dengan tujuan untuk memperluas kerjasama perdagangan dan investasi ASEAN-AS dan menciptakan kesempatan yang lebih luas bagi penciptaan usaha dan lapangan pekerjaan.  Kerjasama yang tertuang dalam ASEAN-US E3, antara lain:  fasilitasi perdagangan, pengembangan Usaha Kecil Menengah, dan harmonisasi standard dan pemenuhan.

Pada tahun 2016, ASEAN dan AS meluncurkan ASEAN-US Connect sebagai Kerangka Kerjasama Ekonomi yang bertujuan untuk  mendorong pembangunan ekonomi dan jaringan antar kalangan/pebisnis di kawasan. ASEAN-US Connect dibangun di atas 4 (empat) pilar utama, yaitu Business Connect, Energy Connect, Innovation Connect dan Policy Connect. ASEAN-US Connect merefleksikan kepentingan Pemerintah dan pelaku usaha AS dalam mendukung integrasi ekonomi di ASEAN dalam rangka meningkatkan nilai perdagangan dan investasi antara kedua Pihak. ASEAN-U.S. Connect Centre di Jakarta diresmikan pada September 2016, dipimpin oleh seorang Director sebagai bagian dari Kantor Misi AS untuk ASEAN di Jakarta, diikuti dengan peresmian ASEAN-U.S. Strategic Connect di Singapura sebagai financial hub dan Bangkok sebagai kantor dagang. Empat prioritas ASEAN-US Connect adalah bisnis, energi, inovasi, dan kebijakan. ASEAN dan Amerika Serikat merayakan 40 Tahun Peringatan Kerja Sama Kemitraan di tahun 2017.