Perundingan Intersesi Kelompok Kerja Perdagangan Barang Indonesia-EFTA CEPA

Perundingan Intersesi Kelompok Kerja Perdagangan Barang (WG on Trade in Goods) Indonesia-EFTA Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA) dimulai sejak Selasa (6/2) di Jenewa, Swiss. Delegasi RI dipimpin oleh Kepala Pusat Pengkajian Perdagangan Luar Negeri selaku Ketua Tim Perunding Perdagangan Barang Indonesia untuk IE-CEPA. Turut hadir pada perundingan ini perwakilan dari unit-unit terkait di Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Perindustrian.

Perundingan intersesi ini merupakan tindak lanjut dari Putaran ke-13 Perundingan IE-CEPA yang telah dilaksanakan pada November 2017 dan dalam rangka persiapan Perundingan Putaran ke-14 IE-CEPA pada 26 Februari-2 Maret di Jenewa, Swiss. Selain membahas draft text, pada pertemuan tersebut kedua pihak juga membahas non paper terkait penyelesaian negosiasi market akses dalam kerangka perundingan bidang perdagangan barang.

Perundingan intersesi Kelompok Kerja Perdagangan Barang IE-CEPA yang berlangsung hingga 9 Februari 2018 ini diharapkan memberikan dampak positif bagi akselerasi penyelesaian perundingan IE-CEPA.