Exploratory Meeting Indonesia-Maroko Joint Trade Commission (JTC) dan Preferential Trade Agreement (PTA)

22 January 2019

Jakarta, 21-22 Januari 2019 — Indonesia dan Maroko melakukan pembahasan rencana pengaktifan Joint Trade Commission (JTC) dan penjajakan Preferential Trade Agreement (PTA). Delegasi Indonesia dipimpin oleh Direktur Perundingan Bilateral, Ni Made Ayu Marthini dan Delegasi Maroko dipimpin oleh Asmaa Mkhentar, Peneliti Senior Kawasan Asia dan Amerika, Kementerian Industri, Investasi, Perdagangan, dan Ekonomi Digital.


Kedua negara telah berhasil menyepakati kerangka acuan untuk meluncurkan pertemuan JTC. Nantinya JTC tidak hanya sebuah forum pertemuan bilateral regular yang membahas isu-isu hambatan perdagangan tetapi juga akan berperan penting untuk mendukung negosiasi PTA. 


Perundingan PTA dengan Maroko berbeda dengan perundingan PTA/CEPA Indonesia dengan negara mitra dagang lainnya karena dilakukan paralel antara pertemuan antar pemerintah yang membahas penurunan tarif dan pertemuan antar swasta untuk mendiskusikan daftar produk yang akan dinegosiasikan dalam PTA untuk mendapatkan penurunan tarif.

 Berita Foto Terkait