IRCo

18 April 2018

 International Rubber Consortium Limited (IRCo)

 

 

Pada tanggal 28 April 2004, berdiri perusahaan patungan ketiga negara yaitu International Rubber Consortium Limited (IRCo) yang berkedudukan di Bangkok, Thailand. Pendirian IRCo berdasarkan Memorandum of Understanding yang ditandatangani tahun 2002 di Bali. IRCo berfungsi juga sebagai sekretariat bagi ITRC.

Instrumen IRCo adalah Strategic Market Operation (SMO) yaitu operasi pasar dengan cara membeli, menjual dan mengatur kelebihan pasokan karet alam, sebagai pelengkap dari Supply Management Scheme (SMS) dan Agreed Export Tonnage Scheme (AETS).

Manajemen kerja IRCo terdiri dari Pemegang Saham, Board of Directors (BoDs), Committee on Strategic Market Operation (CSMO) dan Chief Executif Officer (CEO).

a.      Pemegang Saham: ditetapkan 7 pemegang saham yang terdiri dari 3 pemegang saham mewakili pemerintah ketiga negara dan 4 pemegang saham dari Thailand - atas nama Kementerian Keuangan Thailand, yang penunjukkannya merupakan prosedur formalitas untuk memenuhi persyaratan perundang-undangan yang berlaku di Thailand. Pemegang saham mewakili pemerintah yang juga merupakan Ministerial Committee:

o   Thailand: Menteri Keuangan

o   Indonesia: Menteri Perdagangan

o   Malaysia: Menteri Perusahaan Perladangan dan Komoditi

 

b.      Board of Directors (BoDs): 9 BoDs, dan sesuai perbandingan penyertaan modal maka 4 dari Thailand, 3 dari Indonesia dan 2 dari Malaysia.

c.       Committee on Strategic Market Operation (CSMO): 6 orang, tiap negara masing-masing 2 wakil. CSMO berfungsi melakukan tinjauan pasar dan menyampaikan rekomendasi kepada BoDs.

d.      IRCo dipimpin oleh Chief Executive Officer (CEO). CEO saat ini: Dr. Chairil Anwar dari Indonesia.