ICCO

18 April 2018

INTERNATIONAL COCOA ORGANIZATION

 

ICCO merupakan organisasi internasional yang didirikan pada tahun 1973, bermarkas di London, dibawah bantuan PBB atas dasar International Cocoa Agreement (ICCA) tahun 1972 dengan beranggotakan negara produsen dan konsumen yang saat ini berjumlah sebanyak 46 negara (per Januari 2014).

 

Kontribusi ekspor kakao dari negara-negara produsen sekitar 85%. Pertemuan negara-negara anggota ICCO diselenggarakan secara tetap, dua kali setahun yakni di London, Inggris dan di salah satu negara anggota ICCO secara bergantian. 

 

Negara produsen terdiri dari Cote d’Ivoire, Ghana, Nigeria, Cameroon, Malaysia, Ecuador. Brazil, Dominican Republic, Papua New Guinea, Venezuella, Togo, Peru, Sao Tome and Principe, Sierra Leone, Grenada, Jamaica, Trinidad and Tobago, Gabon, Benin. Negara Konsumen Kokoa saat ini adalah Jerman, Belanda, Perancis, Inggris, Belgia/Luxemburg, Italia, Spanyol, Federasi Rusia,Jepang, Swiss, Austria, Swedia, Rep. Ceko, Denmark, Irlandia, Hungaria, Finlandia, Greece, Norway, Slovak Republic, Egyp, Portugal.

 

ICCO telah menghasilkan 7 perjanjian hingga saat ini. The Seventh International Cocoa Agreement dilaksanakan di Jenewa pada tahun 2010. Tujuan organisasi:

1.      Mendorong kerjasama internasional dalam perekonomian makro dunia.

2.      Menyediakan framework yang tepat untuk mendiskusikan berbagai hal yang berhubungan dengan berbagai sektor.

3.      Berkontribusi dalam memperkuat keseimbangan pengembangan perekonomian kakao dunia.

4.      Berkontribusi dalam pengembangan keseimbangan perekonomian kakao dunia bagi kepentingan seluruh negara anggota melalui :

a.      Mendorong perekonomian kakao dunia;

b.      Mendorong penelitian dan mengimplementasikan hasilnya;

c.       Mendorong transparansi dalam perekonomian kakao dunia melalui pengumpulan dan statistik yang relevan serta melakukan studi yang tepat;

d.      Mempromosikan dan mendorong konsumsi coklat dan produksi berbasis kakao dalam upaya meningkatkan permintaan kakao melalui kerjasama yang erat dengan pihak swasta.

5.      Organisasi berfungsi melalui International Cocoa Council dan Executive Director

6.      Consultative Board pada World Cocoa Economy ditetapkan oleh council, dengan keanggotaan terdiri dari:

1.      Asosiasi dari perdagangan dan industri;

2.      Organisasi produsen kakao nasional dan regional;

3.      Organisasi eksportir kakao nasional;

4.      Lembaga penelitian kakao;

5.      Asosiasi sektor swasta atau lembaga pemerhati lainnya.