WEF

18 April 2018

 PERUNDINGAN WORLD ECONOMIC FORUM (WEF)

 

World Economic Forum (WEF) adalah organisasi nonprofit untuk kerja sama Pemerintah-Swasta yang didirikan di Jenewa tahun 1971 oleh Klaus M. Schwab, seorang profesor bisnis di Swiss. WEF mengadakan pertemuan tahunan di Davos, Swiss, yang mempertemukan para pemimpin dunia di berbagai bidang untuk mendiskusikan isu-isu ekonomi, kesehatan, lingkungan, perubahan iklim, energi, dll.Pertemuan Davos akan mempertemukan para pemimpin dunia di berbagai bidang untuk mendiskusikan isu-isu global di bidang ekonomi, kesehatan, lingkungan, perubahan iklim dan energi. Pertemuan akan membahas peningkatan kerja sama kolektif untuk berbagi kemakmuran di tengah situasi dunia yang multi polar, pertumbuhan ekonomi yang lambat, dan revolusi industri keempat.

WEF secara rutin meluncurkan laporan Global Competitiveness Report (GCR) sejak 1979 untuk menilai kemampuan negara menyediakan kemakmuran bagi rakyat, dengan cara mengukur kemampuan memanfaatkan/menggunakan sumber daya. Pada periode 2017-2018 daya saing Indonesia menduduki peringkat ke-36 dari 137 negara.

WEF telah bekerja sama dengan beberapa Kementerian di Indonesia terutama pada bidang public-private partnerships, antara lain: Grow Asia Food Security Partnership (pisAgro), Advancing Financial Inclusion, Tropical Forest Alliance (TFA), Developing Capital Markets in Emerging Economies, Strategic Infrastructure, dan Responsible Mining and Development Initiative.

WEF memiliki Community antara lain: International Business Community (IBC), Industry Partnership (IP), International Media Community (IMC), Global Health Forum (GHF), Global University Leaders Forum (GULF), Faith Communities dan Labour Leaders Community (LLC).

 

PERTEMUAN TAHUNAN WEF

Pertemuan tahunan World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss, akan mempertemukan para pemimpin dunia di berbagai bidang untuk mendiskusikan isu-isu global di bidang ekonomi, kesehatan, lingkungan, perubahan iklim dan energi.

Diperkirakan lebih dari 1200 CEO senior dunia, pimpinan organisasi dan media internasional serta lebih dari 200 pejabat tinggi pemerintahan akan menghadiri pertemuan dimaksud.

Kegiatan utama Pertemuan Tahunan WEF terdiri dari beberapa sesi panel (on air, tertutup, talk-show, public, dll) dan sejumlah side event seperti Pertemuan Informal Tingkat Menteri WTO, Indonesia Night dan pertemuan lainnya.