Pertemuan Tingkat Menteri The 2nd Indonesia-India BTMF

Pertemuan Tingkat Menteri (Ministerial Meeting) The 2nd Indonesia-India Biennial Trade Ministers Forum (BTMF) telah dilaksanakan di Kantor Ministry of Commerce and Industry of India – Udyog Bhawan, New Delhi, India, Senin (25/9). Pertemuan dipimpin bersama oleh Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita dan Menteri Perdagangan dan Industri India, Mr. Suresh Prabu.

Di awal pertemuan, pejabat senior kedua negara menyampaikan laporan hasil pembahasan pada Pertemuan Tingkat Pejabat Senior (Senior Official Meeting) yang telah dilaksanakan sebelumnya pada hari yang sama. Kedua menteri kemudian melakukan pembahasan isu-isu perdagangan bilateral Indonesia-India menindaklanjuti hasil pertemuan pertama BTMF di Jakarta, Oktober 2011, dan hasil pertemuan Kepala Negara kedua negara pada bulan Desember 2016. Beberapa isu yang dibahas Indonesia antara lain isu peningkatan bea masuk CPO di India dari 7,5 menjadi 15% dan turunannya (olein) dari 15% menjadi 25% sehingga menyebabkan penurunan daya saing produk andalan ekspor Indonesia ke India, serta tingginya tarif India untuk produk-produk ekspor Indonesia lainnya seperti pinang, kopi, karet, dan minyak atsiri.

Kedua menteri juga membahas kerja sama di bidang farmasi di mana Indonesia mengundang kembali India untuk melakukan investasi di bahan baku obat atau Active Pharmaceutical Ingredients (API). Kedua Menteri juga menyepakati pentingnya hubungan perdagangan yang berkelanjutan (sustainable) bagi kedua negara. “Pertemuan diadakan dengan semangat kerja sama dan kekeluargaan. Kedua negara harus melihat secara positif dan mencari cara secara kreatif, bukan menurunkan impor tapi meningkatkan ekspor masing-masing sehinngga perdagangan bisa berkelanjutan,” tegas Mendag.

BTMF merupakan forum pertemuan dwi-tahunan tingkat Menteri Perdagangan Indonesia dan India untuk mendiskusikan langkah-langkah peningkatan kerja sama di bidang perdagangan dan investasi antara kedua negara. Sebelum pelaksanaan Pertemuan ke-2 BTMF di New Delhi ini, kedua negara terakhir melakukan pertemuan BTMF di Jakarta, Indonesia, pada tanggal 4 Oktober 2011.