Pertemuan ke-4 Trade Negotiating Committee (TNC) Indonesia-Iran PTA

Direktur Perundingan Bilateral Ni Made Ayu Marthini memimpin delegasi Indonesia dalam Pertemuan ke-4 Trade Negotiating Committee (TNC) Indonesia-Iran Preferential Trade Agreement (II-PTA) yang berlangsung mulai hari ini (28/9) di Hotel Borobudur, Jakarta. Pertemuan ini merupakan kelanjutan dari pertemuan sebelumnya yang telah dilaksanakan di Tehran, Iran pada tanggal 8-9 Juli 2017.

Framewok Agreement on Comprehensive Trade and Economic Partnership antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Republik Islam Iran ditandatangani di Teheran pada tanggal 21 Juni 2005 dan kedua belah pihak setuju untuk sebuah Preferential Trade Agreement (PTA). Kedua negara berharap bahwa perjanjian antara pihak penandatangan akan membuat iklim kerja sama ekonomi yang lebih baik yang akan memberikan kontribusi terhadap ekspansi perdagangan dan menyediakan hasil yang menguntungkan secara komersial untuk pihak yang menandatangani. PTA menekankan kebutuhan untuk membuka akses pasar dan memperbaiki fasilitasi perdagangan barang potensial tertentu serta diversifikasi barang-barang yang dapat diperdagangkan dengan tujuan untuk mendorong pengembangan lebih lanjut untuk ekonomi masing-masing kedua negara.

Diharapkan setelah pengimplementasian II-PTA, kedua negara dapat mencapai target perdagangan sebesar USD 2 miliar sebagaimana telah disepakati oleh kedua Kepala Negara dalam kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Iran pada bulan Desember 2016 lalu.

Pertemuan ke-4 TNC Indonesia-Iran PTA akan berlangsung hingga Sabtu (30/9).